Jumat, 18 Januari 2008

36 Kasus Kerusakan Lingkungan Divonis

TANGERANG - Sebanyak 36 kasus pidana menyangkut masalah kerusakan lingkungan di Indonesia telah divonis oleh Pengadilan Negeri (PN) setempat setelah adanya pengaduan dan laporan masyarakat.

"Sejak beberapa tahun terakhir ini, pengadilan telah menjatuhkan vonis sebanyak 36 kasus kerusakan lingkungan di Indonesia," kata Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) Rachmat Witoelar di Tangerang, Kamis (17/1) lalu.

Meneg LH mengatakan itu usai menelusuri secara mendadak ke DAS Cisadane menggunakan
perahu karet di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang bersama Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Bahkan Meneg LH didampingi Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa, Sudarsono SH dan Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumberdaya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Masneliyarti Hilman.

Menurut dia, semakin besar perusahaan yang merugikan lingkungan dan masyarakat, maka vonis yang dijatuhkan hakim cenderung bebas di PN maupun tingkat Pengadilan Tinggi (PT).
Dia memberikan contoh tentang pencemaran lingkungan di Teluk Buyat, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulut, dan divonis bebas oleh hakim.

Saat ini pihak Meneg LH telah membawa kasus galian C di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ke PN setempat dan sejumlah pengusaha tambang itu dijadikan tersangka oleh penyidik.

Bagi pihak yang merusak lingkungan dapat diajukan ke meja hijau sesuai UU No.23 Tahun 1997 tentang lingkungan hidup dan dikenakan sanksi perdana dan pidana. Namun Witoelar tidak menyebutkan secara terinci pengusaha yang telah divonis bebas tersebut dengan alasan tertentu.

Pada prinsipnya, pengusaha dapat diajukan ke meja hijau sesuai pasal 25 UU No.23 Tahun 1997 dengan sanksi berupa administrasi, ganti rugi, dan pidana kurungan terhadap direksi perusahaan itu.

Dalam UU tentang lingkungan hidup tersebut ditegaskan bahwa Gubernur dapat memberikan sanksi administrasi bagi perusahaan yang merusak lingkungan. edi rana

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/lingkungan/36_kasus_kerusakan_lingkungan_divonis/